oleh: Moh. Hasyim Abd. Qadir
Pendahuluan
Pendahuluan
Al-Qura>n telah
menceritakan tentang proses penciptaan manusia pertama yaitu Adam hingga
kronologi turunnya Adam bersama Hawa untuk menjadi khalifah dibumi. Dalam
kisahnya dikatakan bahwa Adam dan Hawa mulanya berada disuatu tempat yang
disebut dengan “Jannah” yang dalam terjemahan bahasa Indonesia diartikan
dengan “surga”.
Dalam penertian jannah yang
disebut dalam al-Qura>n sebagai tempat tinggal Adam sebelum diturunkan
kebumi yang selanjutnya diartikan dengan surga menimbulkan sebuah pertanyaan
besar yaitu apakah surga tempat tinggal semula adam merupakan surga yang
dijanjikan kepada orang mukmin dikehidupan akhirat atau bukan?.
Pertanyaan tersebut diungkap
oleh pemakalah karena dalam tafsiran kata “Jannah” masih ada perbedaan pendapat
diantara para mufassir, oleh karenanya pemakalah menganggat tema diatas untuk
menalaah pemahaman kata “Jannah” tersebut sehingga bisa menemukan pengertian
yang jelas terhadap keberadaan tempat tinggal Adam yang semula ia tempati.
Pembahasan
1. Kisah
Adam Dalam al-Qura>n
Dalam al-Qura>n kisah Adam
terdapat dalam tujuh surat yaitu; Pertama : al-Baqarah: 30-38. Kedua:
al-A’rāf: 11-25. Ketiga: al-Hijr: 28-44. Keempat: al-Isra>’:
61-65. Kelima: Surat al-Kahfi: 50. Keenam : T{aha: 115-124. Ketujuh
: S{ād: 71-85. Semua kisah ini yang termaktub dalam ketujuh surat
tersebut berupa surat makkiyyah kecuali al-Baqarah yang merupakan surat
madaniyah[1].
Selain tujuh surat di atas, dapat pula ditambahkan
dua surat lain yang terkait dengan kisah Adam, yaitu al-Māidah: 27-31 yang menceritakan kisah kedua putra
Adam dan al-Nisa>: 1 yang berkaitan dengan kisah penciptaan istri Adam
selain itu yang menceritakan hal yang sama terdapat dalam al-A’rāf: 189.
Dari penjelasan diatas maka
dapat diketahui bahwa kisah Adam dalam al-Qura>n terdapat dalam sepuluh
tempat didalam sembilan surat. Dan berikut teks dari kisah tersebut:
1. Sād: 71-85
إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي
خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ (71) فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ
رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ (72) فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ
أَجْمَعُونَ (73) إِلَّا إِبْلِيسَ اسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ (74)
قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ
أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ (75) قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ
خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ (76) قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا
فَإِنَّكَ رَجِيمٌ (77) وَإِنَّ عَلَيْكَ لَعْنَتِي إِلَى يَوْمِ الدِّينِ (78)
قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (79) قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ
الْمُنْظَرِينَ (80) إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ (81) قَالَ
فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (82) إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ
الْمُخْلَصِينَ (83) قَالَ فَالْحَقُّ وَالْحَقَّ أَقُولُ (84) لَأَمْلَأَنَّ
جَهَنَّمَ مِنْكَ وَمِمَّنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ أَجْمَعِينَ (85)
2. al-A’rāf: 11-25
وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ
ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ
لَمْ يَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ (11) قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ
أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ
طِينٍ (12) قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا
فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ (13) قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ
يُبْعَثُونَ (14) قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ (15) قَالَ فَبِمَا
أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (16) ثُمَّ
لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ
وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (17) قَالَ اخْرُجْ
مِنْهَا مَذْءُومًا مَدْحُورًا لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ
مِنْكُمْ أَجْمَعِينَ (18) وَيَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ
فَكُلَا مِنْ حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا
مِنَ الظَّالِمِينَ (19) فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا
وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ
هَذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ
الْخَالِدِينَ (20) وَقَاسَمَهُمَا إِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِينَ (21)
فَدَلَّاهُمَا بِغُرُورٍ فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا
وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِنْ وَرَقِ الْجَنَّةِ وَنَادَاهُمَا
رَبُّهُمَا أَلَمْ أَنْهَكُمَا عَنْ تِلْكُمَا الشَّجَرَةِ وَأَقُلْ لَكُمَا إِنَّ
الشَّيْطَانَ لَكُمَا عَدُوٌّ مُبِينٌ (22) قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا
وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ (23)
قَالَ اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ
وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ (24) قَالَ فِيهَا تَحْيَوْنَ وَفِيهَا تَمُوتُونَ وَمِنْهَا
تُخْرَجُونَ (25) يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي
سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ
اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ (26) يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ
الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا
لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ
حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ
لَا يُؤْمِنُونَ (27)
3. T{aha: 115-124
وَلَقَدْ عَهِدْنَا إِلَى آدَمَ مِنْ قَبْلُ
فَنَسِيَ وَلَمْ نَجِدْ لَهُ عَزْمًا (115) وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ
اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى (116) فَقُلْنَا يَا آدَمُ
إِنَّ هَذَا عَدُوٌّ لَكَ وَلِزَوْجِكَ فَلَا يُخْرِجَنَّكُمَا مِنَ الْجَنَّةِ
فَتَشْقَى (117) إِنَّ لَكَ أَلَّا تَجُوعَ فِيهَا وَلَا تَعْرَى (118) وَأَنَّكَ
لَا تَظْمَأُ فِيهَا وَلَا تَضْحَى (119) فَوَسْوَسَ إِلَيْهِ الشَّيْطَانُ قَالَ
يَا آدَمُ هَلْ أَدُلُّكَ عَلَى شَجَرَةِ الْخُلْدِ وَمُلْكٍ لَا يَبْلَى (120)
فَأَكَلَا مِنْهَا فَبَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ
عَلَيْهِمَا مِنْ وَرَقِ الْجَنَّةِ وَعَصَى آدَمُ رَبَّهُ فَغَوَى (121) ثُمَّ
اجْتَبَاهُ رَبُّهُ فَتَابَ عَلَيْهِ وَهَدَى (122) قَالَ اهْبِطَا مِنْهَا
جَمِيعًا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى
فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَى (123) وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ
ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى
(124) قَالَ رَبِّ لِمَ حَشَرْتَنِي أَعْمَى وَقَدْ كُنْتُ بَصِيرًا (125)
4. al-Isra>’: 61-65
وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا
لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِينًا
(61) قَالَ أَرَأَيْتَكَ هَذَا الَّذِي كَرَّمْتَ عَلَيَّ لَئِنْ أَخَّرْتَنِ
إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لَأَحْتَنِكَنَّ ذُرِّيَّتَهُ إِلَّا قَلِيلًا (62)
قَالَ اذْهَبْ فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَإِنَّ جَهَنَّمَ جَزَاؤُكُمْ جَزَاءً
مَوْفُورًا (63) وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ وَأَجْلِبْ
عَلَيْهِمْ بِخَيْلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِكْهُمْ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ
وَعِدْهُمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلَّا غُرُورًا (64) إِنَّ عِبَادِي
لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ وَكَفَى بِرَبِّكَ وَكِيلًا (65)
5. al-Hijr: 28-44
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي
خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ (28) فَإِذَا سَوَّيْتُهُ
وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ (29) فَسَجَدَ
الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ (30) إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى أَنْ يَكُونَ
مَعَ السَّاجِدِينَ (31) قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا لَكَ أَلَّا تَكُونَ مَعَ
السَّاجِدِينَ (32) قَالَ لَمْ أَكُنْ لِأَسْجُدَ لِبَشَرٍ خَلَقْتَهُ مِنْ
صَلْصَالٍ مِنْ حَمَإٍ مَسْنُونٍ (33) قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ
(34) وَإِنَّ عَلَيْكَ اللَّعْنَةَ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ (35) قَالَ رَبِّ
فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (36) قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ
(37) إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ (38) قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي
لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (39) إِلَّا
عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ (40) قَالَ هَذَا صِرَاطٌ عَلَيَّ مُسْتَقِيمٌ
(41) إِنَّ عِبَادِي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِمْ سُلْطَانٌ إِلَّا مَنِ اتَّبَعَكَ
مِنَ الْغَاوِينَ (42) وَإِنَّ جَهَنَّمَ لَمَوْعِدُهُمْ أَجْمَعِينَ (43) لَهَا
سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ (44)
6. al-Kahfi: 50
وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا
لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ
رَبِّهِ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ
عَدُوٌّ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا (50)
7. al-Baqarah: 30-38
وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي
جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا
وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ
إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ (30) وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا
ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ
هَؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (31) قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا
إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ (32) قَالَ يَا
آدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ
أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ (33) وَإِذْ قُلْنَا
لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى
وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ (34) وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ
أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا
تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ (35) فَأَزَلَّهُمَا
الشَّيْطَانُ عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُوا
بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى
حِينٍ (36) فَتَلَقَّى آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ إِنَّهُ
هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (37) قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا فَإِمَّا
يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ
وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (38(
2. Makna
Kata Jannah
Dalam semua derifasinya kata
Jannah didalam al-Qur’an berjumlah 201 kata. Sedangkan macam perbedaannya ada
46 kata yang berbeda, baik dari segi bentuknya maupun i’rab-nya. Untuk kata
yang berbentuk Jannah, dengan semua macam i’rab-nya, baik menggunakan alif lam
maupun tidak, dan berbentuk jamak maupun mufrad berjumlah 143 kata[2].
Al-Jannah secara bahasa
merupakan salah satu bentuk mashdar[3] dari
kata Janna-Yajunnu-Jannan yang berarti tersembunyi dan tertutup, adapun kata Jannah sendiri memiliki dua makna; Pertama
bermakna kebun yang memiliki pohon-pohon yang sampai menutupi tanahnya dan kedua
bermakna surga[4].
Sedangkan dalam
al-Qura>>n kata al-Jannah pemaknaanya merujuk pada surga yang yang
dijanjikan di akhirat k, namun selain itu juga merujuk pada makna tempat yang
indah berupa kebun yang dipenuhi dengan tanam-tanaman, sebagai contoh sseperti ayat-ayat
berikut:
أَيَوَدُّ أَحَدُكُمْ أَنْ تَكُونَ لَهُ جَنَّةٌ مِنْ
نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ لَهُ فِيهَا مِنْ كُلِّ
الثَّمَرَاتِ وَأَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهُ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاءُ فَأَصَابَهَا
إِعْصَارٌ فِيهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ
الْآَيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُونَ
“Apakah
ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun
(jannah) kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai;
dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa
tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka
kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah
Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.”[5]
وَاضْرِبْ لَهُمْ مَثَلًا رَجُلَيْنِ جَعَلْنَا
لِأَحَدِهِمَا جَنَّتَيْنِ مِنْ
أَعْنَابٍ وَحَفَفْنَاهُمَا بِنَخْلٍ وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمَا زَرْعًا
“Dan
berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan
bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua
buah kebun (jannatain) anggur dan
Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon korma dan di antara kedua
kebun itu Kami buatkan ladang.”[6]
أَوْ يُلْقَى إِلَيْهِ كَنْزٌ أَوْ تَكُونُ لَهُ جَنَّةٌ يَأْكُلُ مِنْهَا وَقَالَ الظَّالِمُونَ
إِنْ تَتَّبِعُونَ إِلَّا رَجُلًا مَسْحُورًا
“Atau (mengapa
tidak) diturunkan kepadanya perbendaharaan, atau (mengapa tidak) ada kebun (jannah) baginya, yang dia dapat makan
dari (hasil) nya?" Dan orang-orang yang zalim itu berkata: "Kamu
sekalian tidak lain hanyalah mengikuti seorang lelaki yang kena sihir." [7]
Kata-kata Jannah di atas,
secara umum merujuk pada keadaan duniawi dalam realitas fisik. Surga di dunia
merupakan bentuk kesenangan yang sifatnya sementara dan tidak kekal,[8] dengan
demikian penyebutan kata Jannah tidak semuanya bermakna surga diakhirat yang
dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa, lalu bagaimanakan dengan Jannah
dalam kisah Adam AS, apakah merupakan Jannah yang dijanjikan atau Jannah lain?
Hal ini akan dibahas dibawah ini.
3. Makna
Jannah Dalam Kisah Adam AS
Di dalam al-Qura>n, Allah
menceritakan bahwa Adam dan Hawa pada mulanya tinggal di dalam surga namun
setelah mereka terbujuk perdaya dan rayuan iblis untuk memalanggar perintah
Allah, kemudian mereka diusir oleh Allah ke bumi. Hal ini tergambar dalam
firman Allah:
وَقُلْنَا يَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ
الْجَنَّةَ وَكُلَا مِنْهَا رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَذِهِ
الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا مِنَ الظَّالِمِينَ (35) فَأَزَلَّهُمَا الشَّيْطَانُ
عَنْهَا فَأَخْرَجَهُمَا مِمَّا كَانَا فِيهِ وَقُلْنَا اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ
لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ (36)
فَتَلَقَّى آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ إِنَّهُ هُوَ
التَّوَّابُ الرَّحِيمُ (37) قُلْنَا اهْبِطُوا مِنْهَا جَمِيعًا فَإِمَّا
يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنْ تَبِعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ
وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (38(
35. Dan Kami berfirman: "Hai Adam,
diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang
banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon
ini . yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.
36. Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan
dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman:
"Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu
ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan."
37. Kemudian Adam menerima beberapa kalimat
dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima
taubat lagi Maha Penyayang.
38. Kami berfirman: "Turunlah kamu
semuanya dari surga itu! Kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang
siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka,
dan tidak (pula) mereka bersedih hati".
وَيَا آدَمُ اسْكُنْ أَنْتَ وَزَوْجُكَ
الْجَنَّةَ فَكُلَا مِنْ حَيْثُ شِئْتُمَا وَلَا تَقْرَبَا هَذِهِ الشَّجَرَةَ فَتَكُونَا
مِنَ الظَّالِمِينَ (19) فَوَسْوَسَ لَهُمَا الشَّيْطَانُ لِيُبْدِيَ لَهُمَا مَا
وُورِيَ عَنْهُمَا مِنْ سَوْآتِهِمَا وَقَالَ مَا نَهَاكُمَا رَبُّكُمَا عَنْ
هَذِهِ الشَّجَرَةِ إِلَّا أَنْ تَكُونَا مَلَكَيْنِ أَوْ تَكُونَا مِنَ
الْخَالِدِينَ (20) وَقَاسَمَهُمَا إِنِّي لَكُمَا لَمِنَ النَّاصِحِينَ (21)
فَدَلَّاهُمَا بِغُرُورٍ فَلَمَّا ذَاقَا الشَّجَرَةَ بَدَتْ لَهُمَا سَوْآتُهُمَا
وَطَفِقَا يَخْصِفَانِ عَلَيْهِمَا مِنْ وَرَقِ الْجَنَّةِ وَنَادَاهُمَا
رَبُّهُمَا أَلَمْ أَنْهَكُمَا عَنْ تِلْكُمَا الشَّجَرَةِ وَأَقُلْ لَكُمَا إِنَّ
الشَّيْطَانَ لَكُمَا عَدُوٌّ مُبِينٌ (22) قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا
وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ (23)
قَالَ اهْبِطُوا بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ مُسْتَقَرٌّ
وَمَتَاعٌ إِلَى حِينٍ (24(
19. (Dan Allah berfirman): "Hai Adam
bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua
(buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati
pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim."
20. Maka syaitan membisikkan pikiran jahat
kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka
yaitu auratnya dan syaitan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dan
mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau
tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)".
21. Dan dia (syaitan) bersumpah kepada
keduanya. "Sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasehat
kepada kamu berdua",
22. maka syaitan membujuk keduanya (untuk
memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu
itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya
dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: "Bukankah
Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu:
"Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?"
23. Keduanya berkata: "Ya Tuhan kami, kami
telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan
memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang
merugi.
24. Allah berfirman: "Turunlah kamu
sekalian, sebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain. Dan kamu
mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka
bumi sampai waktu yang telah ditentukan".
Ayat diatas yang mencerikan
tentang tempat tinggal Adam pada awal
masa kehidupannya menjelaskan bahwa ia berada di surga (Jannah). Maka melihat
dari kata Jannah sendiri yang memiliki beberapa arti maka perlu melakukan
pelacakan terhadap makna dari kata Jannah dalam kasus diatas.
Dalam kata Jannah pada ayat
diatas terdapat perbedaan ulama’ apakah ia merupakan Jannah dilangit ataukah
ada dibumi dan menurut pendapat mayoritas ulama’, bahwa surga yang dulu dihuni
oleh Adam AS dan isterinya adalah surga dilangit[9] yang
kelak akan dirasakan kembali oleh orang-orang yang beriman di akhirat kelak.
Sekangkan dalam Mafa>tih
al-Ghaib dijelaskan ada bebeapa pendapat terkait masalah ini yaitu, pertama:
Jannah tersebut berada di bumi, sebagaiman pendapat dari Abu>
al-Qa>sim al-Bulkhi> dan Abu> Muslim al-As{faha>ni>, dengan
alasan:
a. Seandaiya
Jannah tersebut adalah surga yang kekal niscaya Adam tidak akan mungkin
terjebak dalam tipudaya Iblis sebagaimana firman Allah:
هَلْ أَدُلُّكَ على شَجَرَةِ الخلد وَمُلْكٍ لاَّ
يبلى
Kemudian
syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam,
maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan
binasa?" [10]
b. Seseorang
yang telah masuk kedalam Jannah yang kekal maka ia tidak akan pernah keluar
lagi, berdasarkan firman Allah: وَمَا هُمْ مّنْهَا بِمُخْرَجِين
c. Iblis
adalah mahluk yang dilknat setelah ia menolak untuk sujud penghormatan terhadap
adam, lalu bagaimana mungkin ia bisa masuk ke dalam Jannah yang abadi padahal
ia dibenci Tuhan.
d. Kenikmatan
didalam Jannah yang dijanjikan tidak akan pernah musnah/terputus sebagaimana
firman Allah:
مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ تَجْرِي مِنْ
تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ أُكُلُهَا دَائِمٌ وَظِلُّهَا تِلْكَ عُقْبَى الَّذِينَ
اتَّقَوْا وَعُقْبَى الْكَافِرِينَ النَّارُ
35.
Perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti
taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang
naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang
bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.[11]
وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَا
دَامَتِ السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ إِلَّا مَا شَاءَ رَبُّكَ عَطَاءً غَيْرَ
مَجْذُوذٍ
108.
Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam syurga, mereka
kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki
(yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.[12]
Oleh karen itu jika Adam pernah tinggal didalamnya maka Jannah
tersebut tidak akan pernah rusak tetapi ternyata tempat tersebut rusak, dan
Adam tidak akan pernah keluar dari Jannah tersebut tetapi ternyata Adam keluar
darinya dan terputuslah kenikmatan tersebut.
e. Hal tersebut bertentangan terhadap hikmah/kebijaksanaan Allah SWT
dengan tiba-tiba menempatkan mahluk disurga yang kekal dan tidak ada takli>f, padahal Allah tidak akan memberi
bahalasan tanpa adanya sebuah amal.
f.
Tidak terdapatnya kontradiksi didalam penciptaan Adam di bumi dan
didalam kisahnya tidk terdapat penyebutan tentang pemindahan Adam kelangit
langit, karena seandainya itu terjadi maka semestinya hal tersebut dijelaskan
karena pemindahan Adam dari bumi ke langit merupakan salah satu dari nikmatan
yang agung. Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa hal tersebut tidak pernah
terjadi, maka makna Jannah pada ayat اسْكُنْ
أَنْتَ وَزَوْجُكَ الْجَنَّةَ
harus di artikan sebagai Jannah yang lain bukan Jannah yan kekal.
Pendapat kedua: adalah
pendapat al-Juba>’i> bahwa Jannah tersebut berada di langit ketujuh,
dengan berargumentasi pada ayat اهْبِطُوا مِنْهَا bahwa Ihba>t{/ turun yang pertama adalh dari
langit ketujuh ke langit pertama dan Ihba>t{ yang kedua dari langit
ke bumi.
Pandapat ketiga:
adalah pendapat Jumhur Ulama’, mereka berpendapat bahwa yang dimaksud Jannah
dalam kisah Adam ini adalah Jannah yang dijanjikan kepada orang mukmin (Da>r
al-Shawa>b) berdasarkan dalil bahwa alif lam pada lafad al-Jannah tidak
menunjukkan keumuman karena menempati semua surga adalah mustahil oleh karena
itu Jannah disini harus rujukkan pada makna Jannah di dikenal dimana Jannah
yang dikenal dan diketahui oleh orang Islam adalah Jannah yang merupakan
Da>r- al-Shawa>b.[13] Selain
argumentasi tersebut ada dalil yang dijadikan menguatkan pendapat ini yaitu
hadis tentang Syafaa
503 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ طَرِيفِ بْنِ خَلِيفَةَ الْبَجَلِىُّ
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ حَدَّثَنَا أَبُو مَالِكٍ الأَشْجَعِىُّ عَنْ
أَبِى حَازِمٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ وَأَبُو مَالِكٍ عَنْ رِبْعِىٍّ عَنْ
حُذَيْفَةَ قَالاَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَجْمَعُ
اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى النَّاسَ فَيَقُومُ الْمُؤْمِنُونَ حَتَّى تُزْلَفَ
لَهُمُ الْجَنَّةُ فَيَأْتُونَ آدَمَ فَيَقُولُونَ يَا أَبَانَا اسْتَفْتِحْ لَنَا
الْجَنَّةَ. فَيَقُولُ وَهَلْ أَخْرَجَكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ إِلاَّ خَطِيئَةُ
أَبِيكُمْ آدَمَ لَسْتُ بِصَاحِبِ ذَلِكَ اذْهَبُوا إِلَى ابْنِى إِبْرَاهِيمَ
خَلِيلِ اللَّهِ - قَالَ - فَيَقُولُ إِبْرَاهِيمُ لَسْتُ بِصَاحِبِ ذَلِكَ
إِنَّمَا كُنْتُ خَلِيلاً مِنْ وَرَاءَ وَرَاءَ اعْمِدُوا إِلَى مُوسَى -صلى الله
عليه وسلم- الَّذِى كَلَّمَهُ اللَّهُ تَكْلِيمًا. فَيَأْتُونَ مُوسَى -صلى الله
عليه وسلم- فَيَقُولُ لَسْتُ بِصَاحِبِ ذَلِكَ اذْهَبُوا إِلَى عِيسَى كَلِمَةِ
اللَّهِ وَرُوحِهِ. فَيَقُولُ عِيسَى -صلى الله عليه وسلم- لَسْتُ بِصَاحِبِ
ذَلِكَ. فَيَأْتُونَ مُحَمَّدًا -صلى الله عليه وسلم- فَيَقُومُ فَيُؤْذَنُ لَهُ
وَتُرْسَلُ الأَمَانَةُ وَالرَّحِمُ فَتَقُومَانِ جَنَبَتَىِ الصِّرَاطِ يَمِينًا
وَشِمَالاً فَيَمُرُّ أَوَّلُكُمْ كَالْبَرْقِ ». قَالَ قُلْتُ بِأَبِى أَنْتَ
وَأُمِّى أَىُّ شَىْءٍ كَمَرِّ الْبَرْقِ قَالَ « أَلَمْ تَرَوْا إِلَى الْبَرْقِ
كَيْفَ يَمُرُّ وَيَرْجِعُ فِى طَرْفَةِ عَيْنٍ ثُمَّ كَمَرِّ الرِّيحِ ثُمَّ
كَمَرِّ الطَّيْرِ وَشَدِّ الرِّجَالِ تَجْرِى بِهِمْ أَعْمَالُهُمْ وَنَبِيُّكُمْ
قَائِمٌ عَلَى الصِّرَاطِ يَقُولُ رَبِّ سَلِّمْ سَلِّمْ حَتَّى تَعْجِزَ
أَعْمَالُ الْعِبَادِ حَتَّى يَجِىءَ الرَّجُلُ فَلاَ يَسْتَطِيعُ السَّيْرَ
إِلاَّ زَحْفًا - قَالَ - وَفِى حَافَتَىِ الصِّرَاطِ كَلاَلِيبُ مُعَلَّقَةٌ
مَأْمُورَةٌ بِأَخْذِ مَنْ أُمِرَتْ بِهِ فَمَخْدُوشٌ نَاجٍ وَمَكْدُوسٌ فِى
النَّارِ ». وَالَّذِى نَفْسُ أَبِى هُرَيْرَةَ بِيَدِهِ إِنَّ قَعْرَ جَهَنَّمَ
لَسَبْعُونَ خَرِيفًا [14]
“Rasulullah SAW bersabda: Allah Yang Maha Suci dan
Maha Tinggi akan mengumpulkan manusia, kemudian ketika surga telah didekatkan, maka
kaum mukminun akan bangkit dan mendatangi Nabi Adan, kemudian mereka akan
berkata kepadanya: ‘Wahai bapak kami, mohonlah agar surga segera dibukakan
untuk kami.’ Maka beliau menjawab: ‘Tidaklah ada yang mengeluarkan kamu dari
surga, melainkan kesalahan bapakmu Adam”
Selain hadis diatas, juga hadis d Abu> Hurairah berikut ini:
6914 - حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مُوسَى بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ مُوسَى بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يَزِيدَ الأَنْصَارِىُّ حَدَّثَنَا
أَنَسُ بْنُ عِيَاضٍ حَدَّثَنِى الْحَارِثُ بْنُ أَبِى ذُبَابٍ عَنْ يَزِيدَ -
وَهُوَ ابْنُ هُرْمُزَ - وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَعْرَجِ قَالاَ سَمِعْنَا أَبَا
هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « احْتَجَّ آدَمُ
وَمُوسَى عَلَيْهِمَا السَّلاَمُ عِنْدَ رَبِّهِمَا فَحَجَّ آدَمُ مُوسَى قَالَ
مُوسَى أَنْتَ آدَمُ الَّذِى خَلَقَكَ اللَّهُ بِيَدِهِ وَنَفَخَ فِيكَ مِنْ
رُوحِهِ وَأَسْجَدَ لَكَ مَلاَئِكَتَهُ وَأَسْكَنَكَ فِى جَنَّتِهِ ثُمَّ
أَهْبَطْتَ النَّاسَ بِخَطِيئَتِكَ إِلَى الأَرْضِ فَقَالَ آدَمُ أَنْتَ
مُوسَى الَّذِى اصْطَفَاكَ اللَّهُ بِرِسَالَتِهِ وَبِكَلاَمِهِ وَأَعْطَاكَ
الأَلْوَاحَ فِيهَا تِبْيَانُ كُلِّ شَىْءٍ وَقَرَّبَكَ نَجِيًّا فَبِكَمْ
وَجَدْتَ اللَّهَ كَتَبَ التَّوْرَاةَ قَبْلَ أَنْ أُخْلَقَ قَالَ مُوسَى
بِأَرْبَعِينَ عَامًا. قَالَ آدَمُ فَهَلْ وَجَدْتَ فِيهَا (وَعَصَى آدَمُ رَبَّهُ
فَغَوَى) قَالَ نَعَمْ. قَالَ أَفَتَلُومُنِى عَلَى أَنْ عَمِلْتُ عَمَلاً
كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَىَّ أَنْ أَعْمَلَهُ قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَنِى بِأَرْبَعِينَ
سَنَةً قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « فَحَجَّ آدَمُ مُوسَى ».[15]
“ Rasulullah SAW bersabda: Nabi Adam dan Nabi
Musa pernah berdebat disisi Allah, maka Nabi Adam berhasil mengalahkan Nabi
Musa. Nabi Musa berkata: ‘Wahai Adam, engkaulah orang yang Allah ciptakan
langsung dengan Tangan-Nya, dan Allah meniupkan ruh-Nya kepadamu, dan memerintahkan
para Malaikat untuk bersujud kepadamu, dan Allah juga telah memberimu
kesempatan untuk tinggal di surga-Nya, kemudian engkau karena dosamu menurunkan
seluruh manusia (anak keturunanmu) ke bumi.’” (HRS Muslim)
Dua hadis diatas secara tekstual menunjukkan bahwa
Jannah yang pernah ditempaati oleh Adam dan istrinya Hawa adalah surga yang ada
di langit yang nanti dipersiapkan untuk orang-orang yang beriman, bukan Jannah dengan
pengertian taman yang indah yang berada di bumi.
4. Analisa
Dari apa yang telah
dijelaskan diatas, telah memberikan pemahaman bahwa dalam kisahnya sebagaimana
yang tergambar dalam al-Qura>n bahwa pada mulanya Adam tinggal disuatu
tempat yang bernama "Jannah" yang dalam terjemahan bahasa Indonesia
disebut dengan kata "surga", namun dalam al-Qura>n sendiri
sebagaimana telah dijelaskan bahwa kata Jannah tidak selalu merujuk pada surga
yang akan ditempati oleh orang mukmin kelak tetapi ada ayat yang memakai kata
Jannah namun merujuk pada suatu tempat yang indah yang berupa taman atau
kebun-kebunan.
Kata Jannah dalam kisah Adam,
didalam kitab tafsir ditafsirkan dalam beberapa pendapat namun diantara
beberapa pendapat tersebut yang paling menyolok adalah apakah Jannah tersebut
adalah samakah Jannah yang ditempati Adam dengan Jannah yang merupakan Da>r
al-Shawa>b yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?.
Dalam pandangan mayoritas
ulama, dikatakan bahwa maksud Jannah tersebut adalah Da>r al-Shawa>b yang
berarti Jannah Adam sama dengan Jannah Da>r
al-Shawa>b. Dan pendapat ini berdasarkan argumentasi bahwa alif lam pada
lafad al-Jannah tidak menunjukkan keumuman dan diperkuat dengan dua hadis yang
telah disebut diatas, namun pemakalah lebih cenderung pada pendapat yang
mengatakan Jannah tersebut tidak sama dengan Jannah Da>r al-Shawa>b dengan analisa berikut:
a. Dalam
al-Qura>n kata Jannah sendiri setidaknya dua pemahaman yang berbeda, antara
surga Da>r al-Shawa>b dan taman yang indah, maka hal ini dimungkinkan
Jannahnya Adam bisa meliputi diantara dua makna Jannah tesebut, adapun Jannah
dalam dua hadis yang menjadi penguat pendapat pertama, tidak lantas memastikan
bahwa Jannahnya Adam adalah Jannah merupakan Jannah Da>r al-Shawa>b, dan
hal ini akan dipertegas dalam item-item selanjutnya.
b. Kata Jannah
yang digambarkan dalam kisah Adam adalah tempat yang dilengkapi dengan kebutuhan
hidup Adam sebagai manusia, sedangkan kalau mencermati Jannah Da>r al
Shawa>b digambarkan dengan kenkmatan yang tidak terbatas, seperti penyebutan
bidadari, minuman dari sungai madu, susu dan semacamya, sedangkan dalam kisah
Adam hal itu tidak disebutkan.
c. Jannah
Da>r al Shawa>b diberikan sebagai ‘balasan’ atas amalan manusia di dunia
yang tidak ada takli>f lagi didalamnya dan dicirikan dengan dengan
kekekalan dan penghuninya pun akan hidup abadi selama-lamanya. Sedangkan Jannah
Adam adalah fasilitas bagi Adam untuk memenuhi kebutuhan hidup Adam dan Hawa
yang disana masih terdapat takli>f.
d. Jannah
Da>r al Shawa>b memiliki dimensi yang amat sangat berbeda dengan dimensi
Jannahnya Adam, yaitu Jannah Da>r al-Shawa>b disediakan di kehidupan
akhirat sedangkan Adam dalam kisahnya yang menempati Jannah masih belum
memasuki kehidupan akhirat.
e. Jannahnya
Adam masih bisa disusupi setan yang telah diusir dan dilaknat. Hal ini menjadi
absurd, bagaimana mungkin Jannah yang Da>r al-Shawa>b yang dilimpahi
dengan kenimatan-kenikmatan bagi penghuninya yang dirahmati Allah dapat
ditembus oleh setan yang dilaknat.
f.
Adam dalam awal penciptaannya diproyeksikan untuk menjadi khalifah
di bumi, hal ini menunjukkan bahwa keberadaan Adam sejak semula dirancang untuk
memempati bumi, maka dengan pendekatan ini semestinya Jannah tersebut berada
dibumi yang merupakan suatu tempat yang indah dan ketika Adam dan Hawa bermaksiat
kepada Allah karena telah melanggar perintahNYA mereka dikeluarkan dan
dipisahkan sehingga mereka saling mencari satu sama lain. Dengan demikian,
kalau memang Adam dan juga keturunannya diproyeksikan untuk menjadi khalifah
dibumi, lalu dalam rangga kepentingan apakah Adam pernah ditempatkan di tempat
yang berbeda dengan bumi apalagi tempat tersebut memiliki dimensi yang brbeda?
Padahal sudah jelas bahwa kehidupan Adam dan anak cucunya untuk memempati bumi.
Terkait dengan pendapat
Jumhur bahwa dalam kisah Adam ini adalah Jannah yang sama dengan Jannah yang
dijanjikan kepada orang mukmin (Da>r al-Shawa>b) berdasarkan dalil bahwa
alif lam pada lafad al-Jannah tidak menunjukkan keumuman karena menempati semua
surga adalah mustahil oleh karena itu Jannah disini harus rujukkan pada makna
Jannah di dikenal dimana Jannah yang dikenal dan diketahui oleh orang Islam
adalah Jannah yang merupakan Da>r- al-Shawa>b.[16]
Naman ternyata didalam
al-Qura>n ada lafad Jannah yang di dahului dengan alif lam namun tidak
merujuk pada Jannah Da>r- al-Shawa>b yaitu pada surat al-Qalam ayat 17-18
yang berbunyi:
إِنَّا بَلَوْنَاهُمْ كَمَا
بَلَوْنَا أَصْحَابَ
الْجَنَّةِ إِذْ أَقْسَمُوا
لَيَصْرِمُنَّهَا مُصْبِحِينَ (17) وَلَا يَسْتَثْنُونَ (18)[17]
17. Sesungguhnya Kami telah mencobai mereka
(musyrikin Mekah) sebagaimana Kami telah mencobai pemilik-pemilik kebun, ketika
mereka bersumpah bahwa mereka sungguh-sungguh akanmemetik (hasil)nya di pagi
hari,
18.
dan mereka tidak menyisihkan (hak fakir miskin),
Lafat Jannah pada ayat ini
terdapat alif lamnya numun tidak menunjukkah pada makna Jannah Da>r-
al-Shawa>b melainkan bemakna kebun, dengan demikian argumrntasi bahwa alif
lam pada lafad al-Jannah tidak menunjukkan keumuman yang berarti Jannah yang
terdapat alif lamnya harus rujukkan pada makna Jannah di dikenal dimana Jannah
yang dikenal dan diketahui oleh orang Islam adalah Jannah yang merupakan
Da>r- al-Shawa>b kurang tepat berdasarkan bukti ayat di atas, walaupun memang
dalam kebanyakan redaksi Jannah yang terdapat alif lam merujuk pada Jannah
Da>r- al-Shawa>b
seperti beberapa ayat berikut:
وَالَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ
أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ[18]
Dan
orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka
kekal di dalamnya.
أَمْ حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ
وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ[19]
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk
surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan
belum nyata orang-orang yang sabar.
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا
تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ
الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُور[20]ِ
Tiap-tiap yang berjiwa akan
merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan
pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga,
maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah
kesenangan yang memperdayakan
Ayat-ayat diatas ini semuanya
merujuk pada Jannah Da>r- al-Shawa>b dan pada lafat tersebut terdapat
alif lam, namun walaupun demikian tidak semua lafat Jannah yang terdapat alif lamnya merujuka
pada Jannah Da>r- al-Shawa>b berdasarkan surat al-Qalam ayat 17 tadi.
Dengan demikian dapat disempulkan dalam konteks ini bahwa tidak semua lafat
Jannah yang ada alif lam merujuk pada
Jannah Da>r- al-Shawa>b, maka dengan ini bisa dimugkinkan bahwa Jannahnya
Adam yang juga terdapat ali lam tidak merujuk pada Jannah Da>r-
al-Shawa>b melainkan pada taman/kebun/tempat yang indah.
Sejalan dengan dengan hasil
penelusuran diatas, didalam tafsir al-Mara>ghi> dijelaskan bahwa ada
pendapat yang mengatakan bahwa Jannah dalam kisah Adam meruakan Jannah lain
yang diciptakan oleh Allah sebagai ujian terhadap Adam, dan Jannah tersebut
merupakan sebuah kebun di dunia yang letaknya antara Fa>ris (Iran, Persia)
dan Kirma>n dan ada juga yang mengatakan berada di Palestina, dengan
demikian Jannah tempat Adam bukanlah Jannah yang diketahui (al-Ma’ru>fah)
atau Jannah Da>r- al-Shawa>b. Dan pendapat ini merupakan pendapat Abu
Hani>>fah dan diikuti oleh Abu Mansu>r al-Ma>turi>di yang dijelaskan
didlam tafsirnya yang bernama al-Ta’wila>t. Beliau mengtakan; “saya meyakini
bahwa Jannah tersebut merupakan sebuah sebuah kebun dari kebun-kebun dimana
Adam dan istrinya diberikan nikmat didalamnya, namuan walaupun demikian tidak
pantas bgi kami untuk menentukan dn
menjelaskan dimana tempat keberadaan Jannah tersebut. Dan ini merupakan madhab
salaf dan tidak ada dalil bagi orang mengkaji/mendalami untuk menentukan tempat
Jannah tersebut.[21]
Dari apa yang telah
dipaparkan diatas, maka setelah melakukan telaah pemakalah berkesimpulan bahwa
Jannah yang ditempati Adam tidak sama dengan Jannah Da>r al-Shawa>b yaitu
Jannah yang dijanjikan kepada hamba-hamba Allah yag bertaqwa, dengan lebih
cenderung mengikuti pendapat yang mengatakan bahwa Jannah tersebut adalah
sebuah kebun atau taman yang terletak di bumi.
Penutup
Adam merupakan manusia
pertama yang diciptakan Allah SWT, ia mula-mulanya ditempatkan bersama istrinya
di sebuah tempat yang bernama Jannah, adapun penyebutan Jannah sendiri dalam
al-Qura>n memiliki dua arti, pertama: surga yang dijanjikan sebagai
balasan bagi umat manusia yang mengabdikan hidupya di jalan Allah SWT dengan
segala kenikmatannya dan kedua: suatu tempat yang indah yang bisa juga
disebut sebagai taman atau kebun-kebun.
Dalam kisah Adam kata Jannah
ditafsirkan dalam beberapa tafsiran khususnya apakah Jannah tersebut adalah
Jannah yang janjikan pada orang Islam ataukah suatu tempat yang indah yang
berada di bumi. Mayoritas ulama berpendapat bahwa jannah tersebuat adalah
Jannah yang dijanjikan tetapi ada pula yang berpendapat bahwa Jannah tersebut
adalah suatu tempat yang indah atau kebun dibumi.
Adapun pemakalah sendiri,
setelah melakukan analisa terhadap ayat yang berbicara tentang Adam lebih
cenderung mengikuti pendapat kedua yaitu suatu tempat yang indah yang berada di
bumi dengan penjabaran yang telah di tulis di atas.
Daftar Pustaka
Al-Qura>n al-‘Az}im
Muslim, Abu al-Husain. al-Ja>mi’
al-S{ahi>h (Bairut: Da>r al-Afa>q al-Jadi>dah. tth)
Ibnu Kathi>>r, Isma>’i>l, Tafsi>r
al-Qura>n al-‘Az}i>m, (tt. Muassasah Qurt{ubah, 2000)
al-Qat}a>n, Manna>’. Maba>hits fi> ‘Ulu>m al-Qura>n.
(Surabaya: Al-Hidayah. 1983)
al-Di>n, Muhammad al-Ra>zi> Fahr. Mafa>tih
al-Ghaib (Bairut: Da>r al-Fikr, 1981)
Hadr,
Muhammad Zaky Muhammad. Mu’jam Kalima>t al-Qura>n al-Kari>m (tt. :
al-Mishka>t, 2005)
Ahmad Must}afa al-Mara>ghi>. Tafsi>r
al-Mara>ghi>. Vol.I, (Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi, 1946)
Kamus al-Munjid, (Beirut: Da>r al-Masyriq,
2008)
[1]
Manna>’ al-Qat}a>n, Maba>hits fi> ‘Ulu>m al-Qura>n.
(Surabaya: Al-Hidayah. 1983) 63
[2] Muhammad Zaky Muhammad Hadr, Mu’jam
Kalima>t al-Qura>n al-Kari>m, (tt. : al-Mishka>t, 2005) VII: 7.
[3] Kata Janna memiliki banyak
bentuk mashdar diantaranya adalah al-Jinnah yang berkaitan dengan kata Jin,
selain itu al-Jinnah juga memiliki makna al-Junun yang berarti gila, rusak atau
hilang akalnya, juga dapat bermakna sebuah nama tumbuhan pada bagian bunganya.
Kemudian al-Junnah yang bermakna tutup tabir. Dan untuk lebih jelasnya lihat
Kamus al-Munjid, (Beirut: Da>r al-Masyriq, 2008), h. 102-103
[4]
Ibid, h 102
[5]
QS. al-Baqarah/2: 266
[6]
QS. al-Kahfi/18: 32
[7]
QS. al-Furqan/25: 8
[8] Setiap kesenanan yang bersifat duniawiah acap kali diungkapkan
dengan surga dunia, seperti halnya kesenangan harta, seks, hiburan dan lain
sebagainya, maka dalam hal ini didunia terdapat bentuk-bentuk surgawi didalam
kesenangan-kesengan yang bersifat sementara.
[9] Isma>’i>l
Ibnu Kathi>>r, Tafsi>r al-Qura>n al-‘Az}i>m, (tt. Muassasah Qurt{ubah, 2000.) j. 1 h. 363
[10]
QS. Taha/20. 120
[11]
QS. Al-Ra'd /13. 35
[12]
QS. Hu>d/11. 108
[13]
Muhammad al-Ra>zi> Fahr al-Di>n, Mafa>tih al-Ghaib (Bairut:
Da>r al-Fikr, 1981) Juz 3. H. 3-4
[14]
Abu al-Husain Muslim, al-Ja>mi’ al-S{ahi>h (Bairut: Da>r
al-Afa>q al-Jadi>dah. tth) Juz 1. H 129
[15]
Ibid, Juz, 8, h. 50
[16] Muhammad
al-Ra>zi> Fahr al-Di>n, Mafa>tih al-Ghaib. Juz 3. H.4
[17]
QS, Al-Qalam 17-18
[18]QS.
Al-Baqarah. 82
[19]
QS. Ali Imran. 142
[20]
QS. Ali Imran. 185
[21]
Ahmad Must}afa al-Mara>ghi>. Tafsi>r al-Mara>ghi>. Vol.I,
(Mesir: Mustafa al-Babi al-Halabi, 1946) Juz 1. H 86.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar